Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MIGAS BUMI MELAYU RIAU PEKANBARU

IRMA SITI LESTARI, - (2024) STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MIGAS BUMI MELAYU RIAU PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRMA SITI LESTARI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

ABSTRAK Irma Siti Lestari, (2024): Strategi Manajemen Pemasaran dalam Membangun Citra Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Migas Bumi Melayu Riau Pekanbaru Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen pemasaran dalam membangun citra sekolah di SMK Migas Bumi Melayu Riau Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pemasaran dalam membangun citra di SMK Migas Bumi Melayu Riau Pekanbaru. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam wawancara penelitian ini antara lain adalah Waka Humas, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK Migas Bumi Melayu Riau telah menerapkan konsep pemasaran pendidikan sesuai dengan teori 7P. Dalam hal ini, sekolah memperhatikan aspek produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses. SMK Migas Bumi Melayu Riau dalam memperkuat citra sekolah melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, partisipasi dalam kompetisi nasional, strategi komunikasi yang efektif, dan keterlibatan dalam kegiatan bakti sosial. Faktor pendukung yang dihadapi seperti partisipasi siswa-siswa dari luar daerah dalam proses promosi sekolah, menunjukkan pentingnya kolaborasi dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya internal sekolah untuk memperluas jangkauan promosi, faktor penghambat yang dihadapi, seperti persaingan yang ketat dengan sekolah-sekolah swasta di Pekanbaru dan pembukaan sekolah-sekolah baru. Kata kunci: Manajemen Pemasaran, Citra Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDDICKI HARTANTO2026078601dicki.hartanto@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:00
Last Modified: 10 Jul 2024 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81065

Actions (login required)

View Item View Item