GITANIA ZULFIANTI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ILMIAH SISWA MTs PADA MATERI TEKANAN ZAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI GITANIA ZULFIANTI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
Abstract
ABSTRAK Gitania Zulfianti (2024) : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penalaran Ilmiah Siswa MTs Pada Materi Tekanan Zat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran ilmiah siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing di MTs pada materi tekanan zat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data melalui soal tes kemampuan penalaran ilmiah dan lembar observasi. Data hasil posttest kemampuan penalaran ilmiah dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 21 dan lembar observasi keterlaksanaan model menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian didapatkan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan alpha 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di MTs pada materi tekanan zat di kelas VIII. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Penalaran Ilmiah, Tekanan Zat
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 05:04 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 05:04 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81062 |
Actions (login required)
View Item |