Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA DESA SIALANG INDAH KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

ADE DERI ARMALINDA, - (2024) TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA DESA SIALANG INDAH KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE DERI ARMALINDA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Deri Armalinda : Transparan Pengelolaan Dana Desa Sialang Indah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Perspektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini dilatar belakangi kebijakan pemerintah mengenai transparansi pengelolaan dana desa. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, keuangan desa dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana transparansi dana desa di Desa Sialang Indah? Apa faktor pendukung dan penghabat dalam transparansi pengelolaan dana desa di Desa Sialang Indah? Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap transparansi pengelolaan dana desa di Desa Sialang Indah?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui transparansi yang dilakukan pemerintah desa terkait dengan dana desa di Desa Sialang Indah Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018. Untuk memaparkan faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan dana desa di Desa Sialang. Untuk menjelaskan tinjauan Fiqh Siyasah terhadap transparansi dana desa di Desa Sialang Indah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan secara tepat dan benar masalah yang dibahas sesuai dengan data yang diperoleh kemudian dianalisa sehingga dapat ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di dalam pengelolaan dana desa di Desa Sialang Indah sudah mencermikan prinsip transparansi, hal ini bisa dibuktikan adanya plang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di depan kantor desa, tersedianya laporan mengenai pendapatan dan pengelolaan keuangan, tersedianya laporan pertanggung jawaban yang tepat waktu, tersedianya sarana untuk suara dan usulan rakyat. Dalam penelitian ini, pengelolaan dana desa di Sialang Indah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan sudah berjalan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Asas Pengelolaan Keuangan Desa, dalam faktor pendukung dan penghambat keterlibatan masyarakat sangat berpengaruh terhadap pelaksanakan transparansi dana desa, dan dalam Perspektif Fiqh Siyasah terhadap transparansi dana desa juga sudah sesuai dengan hukum Islam. Kata Kunci: Transparansi, Peraturan Menteri Dalam Negeri, dan Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJOHARI2020036401thebangjo@gmail.com
Thesis advisorMUSLIM2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:01
Last Modified: 10 Jul 2024 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81060

Actions (login required)

View Item View Item