Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN GURU TENTANG KTSP DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 003 KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Masdalepa (2012) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN GURU TENTANG KTSP DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 003 KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012719.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Di SD Negeri 003 Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, Kinerja guru selama ini terkesan tidak optimal. Guru melaksanakan tugasnya hanya sebagai rutinitas, ruang aktivitas. Hasil penataran guru pada berbagai bidang kinerja para guru yang tidak mengikuti peraturan. Sehingga hubungan antara pemahaman guru tentang KTSP dengan kinerja guru ditemui gejala-gejala sebagai berikut: 1) Masih ada sebagian guru yang membuat perangkat pembelajaran yang tidak sesuai dengan KTSP, 2) Banyak guru yang belum mengetahui apa yang harus di capai siswa berkaitan kurikulum KTSP, 3) Masih ada guru yang belum mengetahui organisasi pembelajaran seperti apa yang di inginkan di dalam membuat kurkulum KTSP, 4) Masih ada guru berpersepsi bahwa kurikulum KBK hampir sama dengan KTSP, 5) Kurikulum KTSP bersifat mempermudah guru dalam pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SD Negeri 003 Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. yang berjumlah 14 orang guru. Dan dalam penelitian ini juga, tidak menggunakan sampel, karena jumlah guru-guru yang ada di sekolah tersebut hanya sedikit maka penulis hanya mengambil seluruhnya yaitu 14 orang guru Berdasarkan penyajian dan analisa data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini bahwa Terdapat korelasi positif yang signifikan antara pemahaman dan kinerja guru tentang KTSP dalam pembelajaran di SD Negeri 003 Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Karena koefisien korelasinya positif maka dapat disimpulkan bahwa bila pemahaman guru tinggi, maka tinggi pula kinerja guru tentang KTSP. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji statistik bahwa Rxy = 0,751 lebih besar dari R tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Ini berarti Ho ditolak, Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:09
Last Modified: 04 Oct 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8106

Actions (login required)

View Item View Item