Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE PRODICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MURID KELAS V SDN 075 KAMPAR SEI KUAMANG KEC. KAMPAR KAB. KAMPAR

Aulia Darma Rini (2012) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIV TIPE PRODICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MURID KELAS V SDN 075 KAMPAR SEI KUAMANG KEC. KAMPAR KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012710.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 075 Kampar Sei Kuamang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Predicition Guide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Predicition Guide dapat meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 075 Kampar Sei Kuamang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Predicition Guide dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan setiap pelaksanaan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, diketahui aktivitas belajar IPS siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil analisis observasi yang dilakukan diketahui bahwa pada pertemuan pertama mencapai (48%) tergolong Rendah dan pada pertemuan kedua mencapai (61%) tergolong Cukup Tinggi dan pertemuan ke 3 siklus ke II mencapai (85%) tergolong Tinggi dan pada pertemuan ke 4 siklus ke II mencapai (96%) tergolong Sangat Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:08
Last Modified: 04 Oct 2016 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8105

Actions (login required)

View Item View Item