Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME MASA DEPAN WARGA BINAAN KASUS KRIMINAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANGKINANG

PRIMA BELA CHANDRIKA, - (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME MASA DEPAN WARGA BINAAN KASUS KRIMINAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V PRIMA BELA CHANDRIKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V PRIMA BELA CHANDRIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Prima Bela Chandrika Prodi : Bimbingan Konseling Islam Judul :Efektitivitas Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Optimisme Masa Depan Warga binaan pemasyarakatan Kasus Kriminal di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan mengevaluasi efektivitas bimbingan kelompok terhadap peningkatan optimisme masa depan warga binaan kasus kriminal di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang. Sampel berjumlah 20 responden yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Bimbingan Kelompok, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah Optimisme Masa Depan Warga Binaan Kasus Kriminal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen One Group Pre-Test Design. Bimbingan kelompok memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan optimisme masa depan warga binaan kasus kriminal di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji T sebesar 6.511 lebih besar dari t tabel sebesar 1,729 pada taraf signifikansi 5% dan nilai Ngain Score mean yaitu 0.833 yang berarti efektivitasnya tinggi. Kemudian Ngain Persen nilai mean diperoleh yaitu 83.378. maka dapat disumpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) di tolak, dengan demikian dapat diartikan pemberian layanan bimbingan kelompok yang diberikan sudah efektif. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Optimisme Masa Depan, Warga Binaan, Kriminal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYASRIL YAZID2029047201yasril.yazid@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:26
Last Modified: 10 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81044

Actions (login required)

View Item View Item