Leni Yulismaniar., - (2024) Inklusivitas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Bathin Solapan. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
Abstract
ABSTRAK Leni Yulismaniar. 2024. Inklusivitas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Bathin Solapan. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) inklusivitas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (2) alasan penerapan Inklusivitas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP se-Kecamatan Bathin Solapan. (3) faktor-faktor inklusivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP se-Kecamatan Bathin Solapan. (4) tantangan-tantangan dalam menciptakan Inklusivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP se-Kecamatan Bathin Solapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan; teknik triagulasi sumber, teori, dan metode, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inklusivitas menunjukkan perlakuan yang sama terhadap siswa yang berbeda atau minoritas, adanya penanaman nilai-nilai inklusivitas dalam pembelajaran PAI seperti nilai taaruf, tawasuth dan taawun, metode belajar yang mengarah dan megasah nilai-nilai inklusivitas dalam pembelajaran pndidikan agama islam yaitu metode penugasan kelompok, diskusi, jigsaw, tanya jawab dan keteladanan. Alasan penerapan inklusivitas adalah menghindari terjadinya bullying diantara siswa, menghindari konflik antar kelompok di masyarakat, untuk meningkatkan kreativitas dan mengamalkan konsep Islam rahmatan lil alamin dalam kehidupan. Faktor yang mempengaruhi inklusivitas adalah interaksi sosial, peran guru, dan metode pembelajaran. Tantangan dalam penerapan inklusivitas adalah perbedaan cara pandang dan kurangnya dukungan dari orang tua siswa. Kata Kunci : Inklusivitas dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81042 |
Actions (login required)
View Item |