PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PARIT BARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Rosmaniar, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PARIT BARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012705.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Gejala yang ditemuai adalah dari 35 orang siswa hanya 18 orang (51,43%) yang telah mencapai nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, siswa terkesan sulit untuk menjawab soal ulangan, hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya 18 orang siswa (51,14%) yang dapat menjawab soal dengan benar, sebagian siswa dari 35 orang siswa tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, baik pekerjaan di kelas maupun pekerjaan rumah, dan siswa yang remedial setelah ujian mencapai 48,57% dari jumlah siswa 35 orang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah strategi Pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi cahaya dan sifatnya siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Parit Baru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pemodelan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi cahaya dan sifatnya siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Parit Baru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 31 orang (88,57%). Sedangkan 4 orang siswa (11,43%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 75%, adapun KKM yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:06
Last Modified: 04 Oct 2016 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8104

Actions (login required)

View Item View Item