Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 032 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nurkhaironi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 032 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012701.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menyusun konsep murid kelas IV pada Ilmu Pengetahuan Sosial. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan kemampuan menyusun konsep pada mata pelajaran IPS Murid Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah murid sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan kemampuan murid menyusun konsep pada mata pelajaran IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menyusun konsep murid kelas IV pada Ilmu Pengetahuan Sosial dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan menyusun konsep murid kelas IV pada Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai rata-rata persentase 54,7%. Pada siklus I kemampuan murid dalam menyusun konsep pada mata pelajaran IPS masih mencapai 68,7% atau belum mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,0% atau telah mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan kemampuan menyusun konsep pada mata pelajaran IPS Murid Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:05
Last Modified: 04 Oct 2016 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8103

Actions (login required)

View Item View Item