Isnaniah (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBERIAN PELAJARAN ANTAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTABARU KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012700.pdf Download (648kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di MI Nurul Huda Kotabaru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain: Kurang adanya tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru, dimana sebagian besar siswa hanya menunggu jawaban dari teman yang sudah selesai, masih ada sebagian siswa yang main-main sewaktu guru menerangkan pelajaran Akidah Akhlak, masih ada sebagian siswa tidak memperhatikan guru menjelaskan pelajaran Akidah Akhlak, masih ada sebagian siswa yang berbicara dengan temannya sewaktu pembelajaran berlangsung. masih ada sebagian siswa tidak dapat mengulangi materi yang telah disampaikan oleh guru. Dari berbagai gejala di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan strategi pemberian pelajaran antar siswa dalam pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Nurul Huda Kotabaru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Melalui Penerapan Strategi Pemberian Pelajaran Antar Siswa Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil dari penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Akidah Akhlak. Sebelum tindakan rata-rata klasikal nilai siswa adalah 54,3%. Pada siklus I motivasi belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 71,8%. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan rata-rata 83,1% pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian penggunaan metode Pemberian Pelajaran Antar Siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 08:04 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8102 |
Actions (login required)
View Item |