PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI WAIT TIME PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 043 TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

Lutviana, (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI WAIT TIME PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 043 TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012683.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui strategi wait time pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terbagi atas 11 orang lakilaki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi wait time untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 44,3%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 67,9% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 67,9% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82% atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 82% berada pada rentang 76-100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi wait time dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:59
Last Modified: 04 Oct 2016 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item