Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDIT AL FITYAH PEKANBARU

NUR AFRIANI, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDIT AL FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-NUR AFRIANI PUBLIKASI -SELAIN BAB IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB IV NUR AFRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Afriani, (2024): Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDIT Al Fityah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan: 1) Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPAS di Kelas IV SD; 2) Kebutuhan media pembelajaran dalam pembelajaran IPAS di Kelas IV SD; 3) Spesifikasi media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pelajaran IPAS di kelas IV SD; 4) Rancangan desain penggunaan media interaktif berbasis Articulate Storyline 3; 5) Validitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3, 6) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model 4D. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan media pembelajaran konvesional yang tidak interaktif; 2) Pembelajaran IPAS membutuhkan media pembelajaran yang bersifat interaktif dan berbentuk Articulate Storyline 3; 3) Spesifikasi media pembelajaran interaktif yang berbentuk Articulate Storyline 3; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draf awal dan mendesain grafika menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 dan mengkonversi file ZIP menjadi URL Link; 5) Media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 91% kategori Valid, bahasa dengan nilai 95% kategori Valid, dan grafika 96% kategori Valid. 6) Uji praktikalitas dilakukan dengan uji terbatas. Uji terbatas melibatkan 27 siswa dengan hasil 99% kategori Valid dan 3 guru dengan hasil 100% kategori Valid. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa produk penelitian berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dinyatakan Layak digunakan dalam pembelajaran di SDIT Al Fityah Pekanbaru. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAramudin2024098504aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:50
Last Modified: 09 Jul 2024 05:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80986

Actions (login required)

View Item View Item