Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

URGENSI TAWAKKAL PERSPEKTIF BUYA HAMKA TENTANG PENCEGAHAN PRAKTIK JIMAT DI KALANGAN UMAT ISLAM (Studi Tafsir Q.S Az-Zumar Ayat 38)

DICKY REZA ARYADINATA, - (2024) URGENSI TAWAKKAL PERSPEKTIF BUYA HAMKA TENTANG PENCEGAHAN PRAKTIK JIMAT DI KALANGAN UMAT ISLAM (Studi Tafsir Q.S Az-Zumar Ayat 38). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DICKY REZA ARYADINATA (2024) : URGENSI TAWAKKAL PERSPEKTIF BUYA HAMKA TENTANG PENCEGAHAN PRAKTIK JIMAT DI KALANGAN UMAT ISLAM (Studi Tafsir Q.S Az-Zumar Ayat 38) Pembahasan tawakkal sering kali dihubungkan dengan nilai-nilai agama, namun pemahaman umat muslim terhadap tafsir ayat-ayat tentang tawakkal masih perlu diperjelas. fenomena ini tetap bertahan bahkan di era modern. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah memahami urgensi tawakkal tentang upaya pencegahan praktik jimat di kalangan umat Islam perspektif buya Hamka dalam Q.S Az-Zumar ayat 38. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Buya Hamka terhadap Q.S Az-Zumar ayat 38, tawakkal memiliki urgensi penting dalam memperkuat tauhid dan iman umat Islam. Buya Hamka menekankan bahwa tawakkal berperan dalam membentuk ketahanan mental dan mendorong rasionalitas dalam menghadapi masalah. Interpretasi ini menggabungkan spiritualitas dengan rasionalitas, mendorong pendekatan ilmiah dalam mengatasi masalah sambil tetap berpegang pada prinsip keimanan. Untuk upaya mencegah penggunaan jimat, Buya Hamka menekankan pentingnya memperkuat iman dan tauhid, memberikan pemahaman yang tepat tentang tawakkal, menyebarkan ilmu pengetahuan untuk menghilangkan praktik jahiliyah, serta mencontohkan sikap tawakkal dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan komprehensif ini, diharapkan umat Islam akan meninggalkan kepercayaan terhadap jimat dan lebih mengandalkan Allah dalam segala urusan. Kata Kunci : Tawakkal, Jimat, Tafsir Al-Azhar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDasman Yahya Ma’ali2011017101Dasmanyahya@gmail.com
Thesis advisorSukiyat2010107001sukiyat@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:36
Last Modified: 09 Jul 2024 05:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80983

Actions (login required)

View Item View Item