DELVI NUR AIN, -
(2024)
IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS MENGGUNAKAN MODEL LRFM UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PENGELOLAAN PELANGGAN.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 8 (3).
ISSN eISSN 2548-8368 - pISSN 2614-5278
Abstract
Perlakuan yang sama terhadap seluruh pelanggan akan menyebabkan pelanggan yang tidak begitu berharga menjadi perusak nilai dalam konsep Customer Relationship Management. Pemberian diskon dan promo kepada seluruh pelanggan tanpa membedakan segmen pelanggan belum memberikan manfaat signifikan bagi suatu perusahaan. Dua hal ini sedang dialami oleh BC 4 HNI Pekanbaru sehingga diperlukan perubahan dalam mengevaluasi strategi yang diambil untuk mempertahankannya hubungan dengan pelanggan dan membentuk segmen sesuai dengan karakteristik pelanggan. Segmen pelanggan dapat dianalisis dari data transaksi penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelola dan mengelompokan data transaksi penjualan dalam menentukan segmentasi pelanggan agar strategi lebih tepat sasaran. Analisis data transaksi pelanggan yang dilakukan adalah dengan mengelompokkan data menggunakan algoritma Fuzzy C-means dan model length, recency, frequency, monetary (LRFM) serta pembobotan AHP. Pembentukan jumlah cluster divalidasi silhouette index dan pemeringkatan dilakukan dengan mengalikan bobot AHP untuk mencari nilai customer lifetime value (CLV) sehingga dapat diketahui kelompok pelanggan mana yang memberikan nilai tinggi perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah pelanggan BC 4 HNI Pekanbaru dikelompokan menjadi 2 segmen yaitu potential costumer group yang memiliki nilai transaksi cukup sering dengan rata-rata monetary Rp. 2,802,495.00 dan jumlah transaksi yang cukup tinggi serta berkontribusi besar terhadap Perusahaan serta new costumer group yang artinya segmen pelanggan baru dengan dana tidak pasti, rata-rata monetary Rp. 104,567.00. Berdasarkan segmennya, BC 4 HNI Pekanbaru dapat menjalankan strategi dalam mengelola pelanggannya sesuai dengan jenis segmen yang dihasilkan dari penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |