Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV UPT SDN 008 BERINGIN LESTARI

ELHEN SYLVIA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV UPT SDN 008 BERINGIN LESTARI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELHEN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV ELHEN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

ABSTRAK Elhen Sylvia, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV di UPT SDN 008 Beringin Lestari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pkn kelas IV UPT SDN 008 Beringin Lestari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 008 Beringin Lestari dengan sampel penelitian adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purpositive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan berpikir kritis PPKn melalui soal uraian. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dengan menggunakan independent sample test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV UPT SDN 008 Beringin Lestari. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMelly Andiriani2026057401melly.andriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:46
Last Modified: 09 Jul 2024 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80977

Actions (login required)

View Item View Item