Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS TRANSPORTASI PADA PT. KARMILA BAGAN BATU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Alfi Zahri AF, - (2024) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS TRANSPORTASI PADA PT. KARMILA BAGAN BATU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (GABUNGAN KECUALI BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Alfi Zahri AF (2024): Analisis Manajemen Risiko Bisnis Transportasi Pada PT. Karmila Bagan Batu Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi kerusakan pada saat sedang beroperasional dan kerugian finansial. Adapun rumusan masalah di dalam penelitian ini apa saja identifikasi risiko yang dihadapi dalam bisnis transportasi, bagaimana manajemen risiko bisnis transportasi dan bagaimana penerapan manajemen risiko bisnis transportasi pada PT. Karmila Bagan Batu menurut Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identifikasi risiko, untuk mengetahui memanajemen risiko bisnis transportasi dan untuk mengetahui penerapan manajemen risiko bisnis transportasi pada PT. Karmila Bagan Batu menurut ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang berlokasikan di Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 orang pimpinan PT. Karmila, 1 orang kasir, 1 orang driver, 1 orang kernet supir, dan 4 orang penumpang. Data yang digunakan data primer dan data sekuder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Identifikasi Risiko Yang Di Hadapi Dalam Bisnis Transportasi pada PT. Karmila Bagan Batu terdapat beberapa risiko. Manajemen Risiko operasional PT. Karmila Bagan Batu Pertama Perencanaan berupa kesiapan muatan dan penumpang sampai ketujuan. Kedua Pelaksanaan bus berjalan setiap harinya sesuai dengan rute yang telah di terapkan kemudian keberangkatan juga diberlakukan mulai dari ketersediaan ban serap kendaraan dan perangkat keperluan kendaraan. Ketiga pengendalian persiapan untuk dijalan seperti P3K yang di perlukan pada kendaraan. Penerapan Manajemen Risiko Bisnis Transportasi Pada PT. Karmila Bagan Batu Menurut Ekonomi Syariah dijelaskan di dalam Q.S Lukman ayat 34 dari ayat tersebut apabila kita kaitkan dengan manajemen risiko bahwa setiap perjalanan pastinya akan memiliki risiko dijalan namun di dalam risiko ini tidak ada seorang pun yang mengetahuinya baik itu perusahaan itu sendiri. Kata Kunci : Manajemen Risiko, Bisnis Transportasi, Perspektif Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNUR HASANAH2020016701nurhasanah.bustam@uin-suska.ac.id
Thesis advisorNurlaili2005106701nurlaili@uinsuska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:41
Last Modified: 09 Jul 2024 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80976

Actions (login required)

View Item View Item