PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Wiza Rahmayani, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012680.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 81 kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih rendah di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas IVc SDN 81 Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus empat kali pertemuan. Satu pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1). Perencanaan atau persiapan tindakan, 2).Pelaksanaan tindakan, 3).Observasi, 4). Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan ketuntasan 30,30%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 45,45%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan 63,63% selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan 84.84% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:56
Last Modified: 04 Oct 2016 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item View Item