Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN REMAJA DI NAGARI SIKILANG KECAMATAN SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT

Nurul Ukti, Nurul (2024) PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN REMAJA DI NAGARI SIKILANG KECAMATAN SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)

Abstract

Peran tokoh agama dalam meningkatkan pemahaman keagamaan remaja di Nagari Sikilang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, sangat penting. Remaja Nagari Sikilang yang kurang dalam Pemahaman mereka tentang agama salah satu tugas penting tokoh agama. Tokoh agama adalah seseorang yang dianggap memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat. Tokoh agama didefinisikan sebagai seseorang yang berilmu ter- utamanya dalam hal perkaitan dalam islam, ia wajar dijadikan sebagai role-model dan tempat rujukan ilmu bagi orang lain. Tokoh agama orang yang memiliki keunggulan dalam ilmu keagamaan dan mempunyai peran yang sangat penting dalam membina kegiatan keagamaan remaja. Mereka berperan sebagai pemimpin dalam suatu masyarakat untuk memberikan pengarahan hidup yang berbasis pada ajaran agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Remaja di Nagari Sikilang Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi , wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian adalah Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Remaja Di Nagari Sikilang Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dilakukan melalui peran mereka dalam membimbing remaja dengan cara-cara tertentu, seperti mendirikan perkumpulan dan berpartisipasi dalam kegiatan yang mendorong perilaku keagamaan mereka. Peran tokoh agama, peran pembinaan remaja, dan strategi peningkatan sistem dakwah sangat penting untuk memastikan bahwa remaja mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang agama. Dalam meningkatkan pemahaman keagamaan remaja, tokoh agama menggunakan metode seperti memberikan ceramah, latihan pidato, hafalan Al-Qur'an, dan pengajian yasin dan tahlil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD SOIM, -2022068304muhammad.soim@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh agama , Pemahaman , Remaja
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:01
Last Modified: 09 Jul 2024 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80959

Actions (login required)

View Item View Item