Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI INVENTORY BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER (STUDI KASUS : LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU)

AHMAD YASIN, - (2024) APLIKASI INVENTORY BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER (STUDI KASUS : LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, APLIKASI INVENTORY BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER (STUDI KASUS : LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU).

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dapat memudahkan pengelolaan barang terutama dalam pendataan barang sehingga menghasilkan sebuah informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan pengelolaan barang. Laboratorium Program Studi Teknik Informatika UIN Suska Riau belum mempunyai sistem informasi inventory untuk mengelola barang. Hal ini menyebabkan Laboratorium Program Studi Teknik Informatika UIN Suska Riau mengalami masalah dalam identifikasi barang seperti sulit mengetahui histori dan kualitas pada barang sehingga sulit untuk merencanakan kebijakan pengelolaan barang. Perancangan aplikasi menggunakan framework Flutter dengan Firebase sebagai backend as service. Aplikasi dirancang berbasis Mobile yang dapat dijalankan di smarthphone Android. Pengembangan aplikasi dalam penelitian ini menggunakan Waterfall yang setiap tahapan dilakukan berurutan. Aplikasi inventory telah melalui proses pengujian yaitu pengujian Blackbox Testing dan UAT (User Acceptance Testing) untuk memastikan kelayakannya sebelum digunakan. Pengujian Blackbox Testing membuktikan bahwa semua fitur bekerja dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang dirancang. UAT yang melibatkan pengguna secara langsung mengkonfirmasi bahwa sistem mudah digunakan dan memenuhi kebutuhan dengan hasil 89,75%. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan persediaan, meminimalisir risiko kesalahan dan kehilangan, serta mengoptimalkan proses bisnis secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD AFFANDES, -2006128601affandes@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:10
Last Modified: 09 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80932

Actions (login required)

View Item View Item