PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI EXPRIENCE PROCESSING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Lismawati, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI EXPRIENCE PROCESSING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012660.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 027 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang. yaitu rendahnya hasil belajar Matematika, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Exprience Processing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan strategi Exprience Processing dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi urutan bilangan siswa kelas IV SDN 027 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Exprience Processing dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi urutan bilangan siswa Kelas IV SDN 027 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan Strategi Exprience Processing dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari, untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa hanya dengan rata-rata 58,63 dan ketuntasan kelas hanya 41% sedangkan hasil belajar matematika pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang bernilai di atas KKM yaitu siklus I ada 16 orang atau 72%.Pada siklus ke II yaitu 19 orang atau 86%. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui Strategi Exprience Processing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 027 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang, artinya apabila Strategi Exprience Processing dilaksanakan secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:50
Last Modified: 04 Oct 2016 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item