PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI STRATEGI LOTRE ANGKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Sneni Ermita, (2012) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI STRATEGI LOTRE ANGKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012654.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui strategi lotre angka dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang yang terbagi atas 14 orang lakilaki dan 20 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi lotre angka untuk meningkatkan keaktifaan belajar siswa pada IPA. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 54,2%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 64,7% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 64,7% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,4% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 82,4% berada pada rentang 76-100%. Keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi lotre angka, keaktifaan belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:48
Last Modified: 04 Oct 2016 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item