NADIA AMANDA SARI, - (2024) PENGARUH PjBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI NADIA AMANDA SARI.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
Abstract
ABSTRAK Nadia Amanda Sari, (2024): Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, tes GEFT, lembar observasi, dan dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah scheirer ray hare test. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBl (Project Based Learning) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik di SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Kata kunci: Pengaruh PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning), Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:47 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 04:49 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80907 |
Actions (login required)
View Item |