SILVINA EFENDI, - (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS PADA MATERI IPA SMP/MTS KELAS VIII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SILVINA EFENDI.pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Silvina Efendi, (2024): Pengembangan Instrumen Literasi Sains pada Materi IPA SMP/MTs Kelas VIII Pembelajaran yang tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan siswa belum terbiasa mengerjakan soal-soal literasi sains membuat siswa tidak mampu mengaitkan pengetahuan sains yang siswa pelajari dengan fenomena sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun instrumen tes literasi sains untuk mengukur kemampuan pemahaman sains siswa. Oleh karena itu, diperlukan instrumen tes literasi sains yang berkualitas dan memiliki validitas dan praktikalitas yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) yang dirancang menggunakan model Plomp yang menggunakan tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket penilaian, lembar observasi, lembar wawancara, dan instrumen soal literasi sains. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan mencari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dari butirbutir soal instrumen literasi sains. Masing-masing kriteria tersebut dihitung menggunakan Rasch model. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel dengan subjek penelitian merupakan siswa kelas IX MTs Negeri 1 Andalan Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tingkat validitas sebanyak 20 soal berada pada kategori valid. Tingkat praktikalitas sebesar 98,2% berada pada kategori praktis. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa instrumen literasi sains tergolong valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA. Untuk itu, instrumen ini dapat menjadi acuan bagi para pendidik dan siswa untuk digunakan sebagai instrumen literasi sains siswa. Kata Kunci: Instrumen, Literasi Sains, Siswa SMP/MTs
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 04:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80899 |
Actions (login required)
View Item |