Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LKPD DENGAN PENDEKATAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA

DILVA HARDILA, - (2024) PENGARUH LKPD DENGAN PENDEKATAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DILVA HARDILA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dilva Hardila (2024) : Pengaruh LKPD Dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD dengan pendekatan STEAM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi energi dan perubahannya untuk jenjang SMP/MTs. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan pretestpostest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik prupossive sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VII 1 sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen menggunakan LKPD dengan Pendekatan STEAM dan kelas VII 3 sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data melalui soal tes kemampuan berpikir kreatif dan lembar observasi. Data hasil posttest kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan uji independent sample T test dengan bantuan SPSS versi 22 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKPD dengan pendekatan STEAM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang menggunakan LKPD tersebut dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi energi dan perubahannya di kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci: LKPD, STEAM, Kemampuan Berpikir Kreatif, Energi dan Perubahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRian VebriantoUNSPECIFIEDrian.vebrianto@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:42
Last Modified: 09 Jul 2024 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80890

Actions (login required)

View Item View Item