Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI STRATEGI SCRAMBLED GROUPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 003 YAYASAN KESATUAN WANITA ISLAM (YKWI) KOTA PEKANBARU

Fatmawati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI STRATEGI SCRAMBLED GROUPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 003 YAYASAN KESATUAN WANITA ISLAM (YKWI) KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012648.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V SD 003 Yayasan Kesatuan Wanita Islam (YKWI) Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat hasil belajar Sains materi daur air dan peristiwa alam melalui penerapan strategi Scrambled Groups di kelas V SD 003 YKWI Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Scrambled Groups untuk meningkatkan hasil belajar Sains. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Scrambled Groups, dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi daur air dan peristiwa alam siswa kelas V SD 003 YKWI Kota Pekanbaru. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Sebagaimana diketahui ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 19 orang (95,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 1 orang siswa (5,00%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar 75%, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:43
Last Modified: 04 Oct 2016 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item