NUR EKA WARDAHNI, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
SKRIPSI NUR EKA WARDAHNI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Eka Wardahni, (2024): Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SD Islam AL Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran IPAS di kelas V SD; 2) Kebutuhan bahan ajar di kelas V SD; 3) Spesifikasi e-modul interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada pembelajaran IPAS di kelas V SD; 4) Rancangan desain penggunaan e-modul interaktif berbasis AR; 5) Validitas e-modul interaktif berbasis AR; 6) Praktikalitas e-modul interaktif berbasis AR. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model 4D. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yakni: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Disseminate. Subjek penelitian ini adalah 3 guru dan 21 siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku digital sekolah dan belum tersedia bahan ajar berupa e-modul interaktif berbasis AR; 2) Pembelajaran IPA memerlukan alat bantu berupa emodul interaktif berbasis AR agar siswa mudah memahami materi; 3) Spesifikasi e-modul interaktif berbasis AR berbentuk buku digital dengan muatan materi Sistem Pencernaan pada Manusia, Makanan dan Kesehatan dan diakses menggunakan Gadget; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draft awal, mendesain grafika produk menggunakan Canva, dan AR mengunakan aplikasi Unity; 5) e-modul interaktif berbasis AR divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 97,4% kategori Valid, bahasa dengan nilai 96,3% kategori Valid, dan materi dengan nilai 97,6% kategori Valid. 6) Uji praktikalitas dilakukan dengan uji terbatas. Uji terbatas melibatkan 3 guru dengan hasil 100% kategori Valid dan 21 siswa dengan hasil 96,4% dengan kategori Valid. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa produk penelitian berupa e-modul dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran di SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Kata Kunci: e-modul, Augmented Reality, Penelitian Pengembangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:56 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:57 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80885 |
Actions (login required)
View Item |