Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU

NUR EKA WARDAHNI, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR EKA WARDAHNI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Eka Wardahni, (2024): Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SD Islam AL Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran IPAS di kelas V SD; 2) Kebutuhan bahan ajar di kelas V SD; 3) Spesifikasi e-modul interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada pembelajaran IPAS di kelas V SD; 4) Rancangan desain penggunaan e-modul interaktif berbasis AR; 5) Validitas e-modul interaktif berbasis AR; 6) Praktikalitas e-modul interaktif berbasis AR. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model 4D. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yakni: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Disseminate. Subjek penelitian ini adalah 3 guru dan 21 siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku digital sekolah dan belum tersedia bahan ajar berupa e-modul interaktif berbasis AR; 2) Pembelajaran IPA memerlukan alat bantu berupa emodul interaktif berbasis AR agar siswa mudah memahami materi; 3) Spesifikasi e-modul interaktif berbasis AR berbentuk buku digital dengan muatan materi Sistem Pencernaan pada Manusia, Makanan dan Kesehatan dan diakses menggunakan Gadget; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draft awal, mendesain grafika produk menggunakan Canva, dan AR mengunakan aplikasi Unity; 5) e-modul interaktif berbasis AR divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 97,4% kategori Valid, bahasa dengan nilai 96,3% kategori Valid, dan materi dengan nilai 97,6% kategori Valid. 6) Uji praktikalitas dilakukan dengan uji terbatas. Uji terbatas melibatkan 3 guru dengan hasil 100% kategori Valid dan 21 siswa dengan hasil 96,4% dengan kategori Valid. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa produk penelitian berupa e-modul dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran di SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Kata Kunci: e-modul, Augmented Reality, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Aramudin, S.Pd., M.Pd., -2024098504aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:56
Last Modified: 08 Jul 2024 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80885

Actions (login required)

View Item View Item