Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN GAYA HIDUP PENGGUNA SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

RIZKY NAZARUDDIN, - (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN GAYA HIDUP PENGGUNA SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universits Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rizky Nazaruddin (2024) : Pengaruh Lingkungan Sosial dan Gaya Hidup Pengguna Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi pada kehidupan kampus di kalangan mahasiswa. terjadi perubahan lingkungan sosial dan gaya hidup yang membuat setiap individu dari Mahasiswa berperilaku konsumtif. apalagi dengan adanya kemudahan menggunakan fitur PayLater pada Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2020 yang diambil dari rumus slovin dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai thitung sebesar -0,657 dengan signifikan sebesar 0,513 Maka thitung -0,657 < ttabel 1,666 dan nilai signifikansi 0,513 > 0,05 artinya lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. nilai thitung sebesar 7,054 dengan hasil signifikan sebesar 0,001. Maka thitung 7,054 > ttabel 1,666 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. artinya Gaya hidup (X2) berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y). Hasil uji F nilai Fhitung sebesar 26.206 > Ftabel (3,12), Maka dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan sosial dan gaya hidup terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah fitur Shopee PayLater tidak sesuai dengan hukum dan syariat islam, karena didalamnya terdapat bunga. maka hal itu tidak bisa dibenarkan, hukumnya sudah jelas haram. walaupun atas dasar suka sama suka. Namun, terdapat pendapat lain yang mengatakan bahwa PayLater yang diberikan oleh Shopee lewat Fitur PayLater tersebut bukan termasuk riba yang diharamkan. sebab tambahan tersebut hanya bisa diperoleh lewat penggunaan aplikasi. Karena harus memakai aplikasi, maka tambahan itu termasuk bagian dari akad ijarah (sewa jasa aplikasi). Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUSNAWATI, SE., M.Ak, -2006027402musnawati_inindratno@yahoo.co.id
Thesis advisorMUSLIM, S. Ag., SH., M.Hum, -2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:42
Last Modified: 08 Jul 2024 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80866

Actions (login required)

View Item View Item