Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN

Ainun Mardiah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012635.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Diantaranya 1) Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai ulangan harian mata pelajaran sains 60% dari seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 7.0 yang ditetapkan, 2) Siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan oleh guru, hal ini terlihat 60% siswa tidak memahami materi. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V sekolah dasar negeri 181 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 181 Pekanbaru Kecamatan Tampan tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 17 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains kelas V Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru Kecamatan Tampan dengan penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 65.16% atau 18 orang yang tuntas. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh skor 21 (Sempurna) dan aktivitas siswa 107 (Tinggi), dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 70.4%. Melalui perbaikan siklus II aktivitas guru meningkat dengan skor 27 (Sangat Sempurna), aktivitas siswa 130 (Sangat Tinggi) dan hasil belajar siswa mencapai 74.16% keadaan ini menunjukan bahwa proses pembelajaran sains dikatakan meningkat dengan mengunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Kata kunci : Hasil belajar dan model pembelajaran sains teknologi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:38
Last Modified: 04 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item View Item