Sari Banun (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HANGMAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI AIR DI KELAS V SDN 008 KUALU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012630.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap materi pelajaran sains. Berdasarkan analisa hal ini dipengaruhi oleh strategi yang digunakan guru selama ini, metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi air pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, melalui penerapan strategi pembelajaran Hangman yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian minat belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 59% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64% dengan kategori cukup, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 69% dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 1 minat belajar siswa meningkat lebih baik dibandingkan dengan pertemuan 2 siklus I yaitu sebesar 77% dengan kategori baik, dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat dengan persentase sebesar 87% dengan kategori baik sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa dari sebelum tindakan hingga tindakan siklus 2 sebesar 28%. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Hangman, Minat Belajar Sains
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 07:36 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8085 |
Actions (login required)
View Item |