PENERAPAN STRATEGI HEURISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Erawati, (2012) PENERAPAN STRATEGI HEURISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012612.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan strategi Heuristik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Heuristik dalam pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV tahun 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan yang menjadi objek adalah motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi Heuristik. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan/Persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan. 4) Refleksi. Berdasarkan basil penelitian diketahui bahwa presentase motivasi belajar siswa sebelum tindakan berada pada klasifikasi rendah dengan presentase 32,95%, pada siklus I pertemuan pertama motivasi belajar siswa berada pada klasifikasi rendah dengan presentase 36,36%,dan pada siklus I perternuan kedua motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan presentase 42,04% berada pada klasifikasi sedang, dan pada siklus II pertemuan ketiga motivasi belajar siswa meningkat dengan presentase 61,36% yang berada pada klasifikasi tinggi, kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan keempat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengn presentase 76,70% dari keseluruhan jumlah siswa yang berada pada klasifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:31
Last Modified: 04 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item