Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Mira Ariyanti (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012605.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo. yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan pembelajaran Higher Order Thingking. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Bumi dan Alam Semesta Kelas V SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar dengan Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking. Atau biasa disebut dengan berfikir level tinggi Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi Higher Order Thingking dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, hasil belajar IPA pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang bernilai di atas KKM yaitu siklus I ada 16 orang 66%. Pada siklus ke II yaitu 20 orang 83%. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Higher Order Thingking dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo, artinya apabila penerapan pembelajaran Higher Order Thingking dilaksanakan secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:28
Last Modified: 04 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8080

Actions (login required)

View Item View Item