Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU

VERONITA NOER CHOLIK JULYANI SYAH PUTRI, - (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
veronita cholik- bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI- VERONITA- SELAIN BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Veronita Noer Cholik Julyani Syah Putri, (2024) : Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheets pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan e-LKPD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD: 2) Kebutuhan e-LKPD di kelas V SD; 3) Spesifikasi e-LKPD berbantuan Liveworksheets pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V; 4) Rancangan desain penggunaan e-LKPD berbantuan Liveworksheets; 5) Validatas e-LKPD berbantuan Liveworksheets; 6) Praktikalitas e-LKPD berbantuan Liveworksheets. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development dengan model 4D terdiri dari 4 tahapan yakni: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah 21 siswa dan 3 guru dengan menggunakan instrumen angket. Hasil Penelitian ini adalah: 1) e-LKPD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan yang sudah ada seperti pada aplikasi Quizizz, Kahoot, Wordwall, dsb; 2) Pembelajaran Bahasa Indonesia membutuhkan bahan ajar e-LKPD berbantuan Liveworksheets; 3) Spesifikasi e-LKPD berbantuan Liveworksheets yang diakses secara online melalui Smartphone atau Gadget lainnya; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draf awal (penyusunan isi, tata letak gambar), dan mendesain grafika produk menggunakan aplikasi Canva lalu dikonversi dengan Website Liveworksheets; 5) e-LKPD divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 100% kategori Valid, bahasa dengan nilai 83% kategori Valid, dan grafika dengan nilai 94% kategori Valid. 6) Uji praktikalitas dilakukan dengan calon pengguna (siswa dan guru), siswa dengan perolehan nilai 93% kategori Valid dan guru dengan perolehan nilai 100% kategori Valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-LKPD berbantuan Liveworksheets dinyatakan Layak digunakan dalam pembelajaran di SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Kata Kunci: e-LKPD, Liveworksheets, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAramudin2024098504aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:23
Last Modified: 08 Jul 2024 05:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80792

Actions (login required)

View Item View Item