Rifka Zahera (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE MIM MEM MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN MATERI SURAT-SURAT PENDEK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 006 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012604.pdf Download (539kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tahfizul Qur’an , perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana melalui metode Mim-Mem dapat meningkatkan motivasi belajar Tahfizul qur’an pada materi surat Al-balad siswa kelas III 006 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2012 – 2013 dengan jumlah siswa 20 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mim-Mem untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III. Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan adalah dengan membuat perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa motivasi belajar siswa hanya dengan persentase 31, 25%, berada pada klasifikasi “Rendah” setelah siklus 1 diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar Tahfizul Qur’an siswa dengan persentase 48, 12% dengan klasifikasi “Sedang”. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai 85% dengan klasifikasi “Sangat Tinggi” yang berada pada rentang 81% - 100%. Dari data ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Mim-Mem dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tahfizul Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 07:26 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8079 |
Actions (login required)
View Item |