PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI STRATEGIROTATING TRIO EXCHANGESISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU TINGGI KECAMATAN KAMPAR

Astrina Yolanda, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI STRATEGIROTATING TRIO EXCHANGESISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU TINGGI KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012601.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 007 Pulau Tinggi melalui strategi rotating trio exchange pada materi peristiwa sekitar Proklamasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 007 Pulau Tinggi tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar Proklamasi melalui strategi rotating trio exchange (pertukaran trio memutar) kelas V SDN 007 Pulau Tinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian ini dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan setiap siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam setiap kegiatan penelitian. Teknik analisis data untuk hasil belajar menggunakan percentages correction. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa sekitar Proklamasi siswa kelas V SDN 007 Pulau Tinggi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil ulangan materi sebelum digunakan strategi rotating trio exchange secara klasikal 56.67%, sedangkan melalui strategi rotating trio exchange pada siklus I secara klasikal hasil belajar siswa diperoleh 66.67%, pada siklus II 86.67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:24
Last Modified: 04 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item