Silviani Sagala, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tapung Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Silviani Sagala, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tapung Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tapung Hilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70, rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi-materi IPS yang telah diajarkan oleh guru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment (Non Equivalent Control Group Desain). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 186 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang, yaitu siswa kelas VII B berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII D berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji hipotesis (uji Independent Sample T-Test) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa Hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa pada kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 88,91 dan kelas kontrol sebesar 76,25. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 6,106 > 2, 042 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:49 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:50 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80766 |
Actions (login required)
View Item |