Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHAN SOSIAL DI SMP BABUSALLAM PEKANBARU

TSANY FAWWAZ HANUN, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHAN SOSIAL DI SMP BABUSALLAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terdapat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Babusallam Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas seluruh siswa kelas VII di SMP Babusallam Pekan baru, yang berjumlah 123 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 50 orang, yaitu siswa kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dengan penarikan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil didapatkan bahwa tidak terjadi peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Ini dibuktikan dengan nilai t hitung (1,897) < t tabel (2,060) atau p value (0,069) > 0,05. Sedangkan pada kelas eksperimen, terjadi peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran mind mapping. Ini dibuktikan dengan nilai t hitung (6,412) > t tabel (2,069) atau p value (0,000) < 0,05. Kemudian didapatkan juga bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran mind mapping (posttest). Ini dibuktikan oleh nilai t hitung (3,241) > t tabel (2,011) atau p value (0,002) < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEllya Roza2023116001ellya.roza@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:56
Last Modified: 08 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80764

Actions (login required)

View Item View Item