MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN STRATEGI TRAINING MODEL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sri Ermawati, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN STRATEGI TRAINING MODEL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012596.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi di lapangan pada siswa kelas III SDN 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya hasil belajar Sains siswa, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian melalui penerapan Strategi Training Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Training Model dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas III SD Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah strategi Training Model dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi cuaca siswa kelas III SD Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 20 orang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Training Model dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan pembelajaran satu siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar Sains siswa dengan nilai rata-rata 59,5 dan ketuntasan kelas mencapai 75% dari keseluruhan siswa, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 63,5 dan ketuntasan kelas mencapai 90%. Data ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Training Model dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sins Siswa Kelas III SDN 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar, artinya apabila diterapkan Strategi Training Model secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:53
Last Modified: 04 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8076

Actions (login required)

View Item View Item