PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI RAPAT DEWAN KOTA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Wiwil Windari, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI RAPAT DEWAN KOTA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012588.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dengan menerapkan Strategi Rapat Dewan Kota. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama berada pada kategori “Kurang Sempurna”, dengan skor 26, pada pertemuan kedua aktivitas guru meningkat yang berada pada kategori “Cukup Sempurna”, dengan skor 34. Pada siklus II pertemuan pertama berada pada kategori “Sempurna”, dengan skor 43 dan pada pertemuan kedua berada pada kategori “Sangat Sempurna”, dengan skor 53. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama berada pada kategori “Sangat Rendah”, dengan skor 518, pada pertemuan kedua berada pada kategori “Rendah” dengan skor 750. Pada siklus II pertemuan pertama berada pada kategori “Tinggi”, dengan skor 953, dan pada pertemuan kedua berada pada kategori “Sangat Tinggi”, dengan skor 1094. Persentase klasikal yang diperoleh pada data awal adalah 63. Pada siklus I meningkat dengan mencapai persentase secara klasikal 64. Namun belum mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus II meningkat dan telah mencapai nilai ketuntasan baik secara individual maupun secara klasikal dengan memperoleh nilai klasikal sebesar 79. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan strategi Rapat Dewan Kota dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:49
Last Modified: 04 Oct 2016 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item View Item