PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN MODEL PERMAINAN JALAN BERLAWANAN KELAS IV SD NEGERI 003 DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Fitri Hidayati, (2012) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN MODEL PERMAINAN JALAN BERLAWANAN KELAS IV SD NEGERI 003 DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012585.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sisiwa melalui model permainan jalan berlawanan tentang bilangan bulat pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan lansung dalam proses pembelajaran. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana pemebelajaran model permainan jalan berlawanan yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 003 Desa Koto Perambahan” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan yang berjumlah 25 orang, 11 laki-laki dan 14 perempuan. Sedangkan pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalaj bilangan bulat dan obyek dalam penelitian ini adalah model permainan jalan berlawanan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan model permainan jalan berlawanan. Dimana nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih kecil dari mean setelah tindakan, dimana mean sebelum tindakan 56,80 dan mean pada tindakan siklus I 65,40 dan siklus II 74,00. Meningkatnya persentase klasikal dari 44% sebelum tindakan, pada siklus I menjadi 68% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan jalan berlawanan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangnan bulat pada siswa kelas IV sekolah dasar negeri 003 koto perambahan kecamatan Kampar timur kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:47
Last Modified: 04 Oct 2016 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item