Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ETIKA CHATTING DENGAN LAWAN JENIS BUKAN MAHRAM PERSPEKTIF HADIS

OKKY PERMATA PUTRA, - (2024) ETIKA CHATTING DENGAN LAWAN JENIS BUKAN MAHRAM PERSPEKTIF HADIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV ANALISIS)
BAB IV ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas “Etika Chatting Dengan Lawan Jenis Bukan Mahram Perspektif Hadis”. Chatting dengan lawan jenis bukan mahram tanpa adanya batasan dan etika merupakan kegiatan yang dilarang dalam Islam karena dapat menimbulkan khalwat. Tetapi di zaman sekarang, tidak jarang kaum muslimin yang mengetahui keharaman tentang khalwat, namun tetap melakukannya. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana status dan pemahaman hadis tentang etika chatting antara lawan jenis, dan bagaimana konsep etika chatting dengan lawan jenis bukan mahram di kehidupan sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan tematik (maudhu’i) terhadap hadis-hadis yang berkaitan dengan etika chatting dengan lawan jenis bukan mahram. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hadis riwayat Shahih Bukhari nomor 5233 berstatus shahih dan dapat dijadikan sebagai hujjah. Hadis ini melarang seseorang untuk berkhalwat. Jika ingin chatting dengan lawan jenis bukan mahram alangkah baiknya chatting tersebut dilakukan di obrolan grub chatting. Hadis riwayat Sunan Tirmidzi nomor 2317 berstatus shahih dan dapat dijadikan hujjah. Hadis ini memerintahkan seseorang untuk meninggalkan perbuatan yang sia-sia. Jika tidak memiliki urgensi untuk melakukan interaksi chatting dengan lawan jenis bukan mahram alangkah baiknya dihindari. Kedua, dunia digital merupakan fase transisi yang kritis dalam perkembangan zaman. Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh umat islam di era digital ini adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi dirinya termasuk chatting dengan lawan jenis jika tidak ada kepentingan, yang dapat mendorong mereka terjerumus ke dalam jalur zina, yaitu khalwat. Kata Kunci: Etika, Chatting, Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRidwan Hasbi2017067001ridwan.hasbi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorLukmanul Hakim2002058901man89th@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:27
Last Modified: 08 Jul 2024 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80723

Actions (login required)

View Item View Item