Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KONTEN TIKTOK @SASHFIR PADA LIFESTYLE GENERASI Z (STUDI DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2020 UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Verliyani Arista, Verliyani (2024) ANALISIS KONTEN TIKTOK @SASHFIR PADA LIFESTYLE GENERASI Z (STUDI DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2020 UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Fenomena yang sedang terjadi saat ini sangat dipengaruhi oleh adanya teknologi informasi dan media online. Semakin berkembangnya media online, semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses apapun termasuk tren fashion dan lifestyle saat ini. Dari situlah muncul sebuah kebutuhan untuk tampil up to date mengikuti gaya tren fashion terbaru. Salah satu content creator yang aktif dalam mengupload fashion lifestyle nya di TikTok adalah Sashfir merupakan salah satu konten kreator yang sedang ramai di perbincangkan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta pendekatan analisis resepsi. Analisis resepsi berkaitan dengan studi mengenai makna, produksi serta pengalaman khalayak akan kaitannya berinteraksi melalui teks media. Peneliti melakukan wawancara dengan informan dan mengkategorikan interpretasi mereka ke dalam tiga posisi dalam analisis resepsi, yaitu Dominan, Negosiasi, dan Oposisi. Dalam penelitian ini audiens diwakili oleh 10 (sepuluh) informan yang memiliki latar belakang yang berbeda serta mengetahui dan pernah menonton konten Sashfir di TikTok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat 4 informan berada pada posisi Dominan. Dan 6 Informan berada pada posisi negosiasi. Setelah menganalisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa posisi pembacaan khalayak berada pada posisi Negosiasi. Kemudian diikuti dengan posisi Dominan terhadap konten TikTok Sashfir. Dalam penelitian ini, tidak ada informan yang berada pada posisi oposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorATJIH SUKAESIH2018116901UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Konten, TikTok, Sashfir, Lifestyle
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:39
Last Modified: 09 Jul 2024 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80718

Actions (login required)

View Item View Item