Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @efekkopi.id SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH PIHAK EFEK KOPI TERRACE PEKANBARU

Mohammad Rizqi Imam Al Baqi, Baqi (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @efekkopi.id SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH PIHAK EFEK KOPI TERRACE PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah Internet, Internet memberikan kemudahan dengan mengakses melalui jaringannya. Bentuk kegiatan melalui jaringan Internet adalah melakukan pemasaran dengan mengunggah foto dan video di media sosial salah satunya yaitu Instagram. Instagram dengan segala kelebihannya dapat membantu dalam proses komunikasi pemasaran. Salah satu coffe shop di kota Pekanbaru turut memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran adalah Efek Kopi Terrace. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram @efekkopi.id sebagai media komunikasi pemasaran oleh Efek Kopi Terrace Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah bahwa Efek Kopi Terrace dalam pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran menggunakan fitur instagram diantaranya unggah foto/video, Instagram Stories, Caption, Comment, Hastags, Like , Direct Messages (DM), follow/followers, Story Archive, Instagram Reels, Feeds, Geotagging, Instagram Ads, Instagram Highlights dan fitur-fitur ini dimanfaatkan dengan menggunakan empat dari lima komponen bauran komunikasi pemasaran yaitu Advertising (Periklanan) seperti menguggah foto dan video untuk menyampaikan Informasi serta memanfaatkan fitur Instagram ads dan jasa influencer berbayar untuk beriklan. Sales promotion (Promosi penjualan) dengan memberikan informasi diskon,buy 2 get 1, dan loyalty card kepada followers . Public Relations (Hubungan Masyarakat) dengan mengunggah dokumentasi event kolaborasi, kegiatan donasi sosial, dan bentuk publikasi gratis dari beberapa influencer. Direct Marketing (Penjualan Langsung) Efek Kopi Terrace melakukan penjualan langsung dengan memanfaatkan Fitur Direct Messages(DM) dengan cara melakukan komunikasi antar admin Instagram dengan calon konsumen, kemudian memberikan informasi dan melakukan upselling agar calon konsumen dapat berkunjung ke Efek Kopi Terrace.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTITI ANTIN, -2001037001titi.antin@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Instagram, Komunikasi Pemasaran
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:47
Last Modified: 05 Jul 2024 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80715

Actions (login required)

View Item View Item