PENERAPAN STRATEGI METRIX INGATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Ummi Salmah, (2012) PENERAPAN STRATEGI METRIX INGATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012582.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan strategi metrix ingatan yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian di kelas III SD Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pembelajaran dengan strategi metrix ingatan yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian di Kelas III SD Negeri 001 Teratak?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research), penelitian ini dirancang dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan strategi metrix ingatan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di kelas III SD Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi metrix ingatan kelas III SD Negeri 001 Teratak. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebelum diterapkan strategi metrix ingatan nilai rata-ratanya adalah 54.06, rata-rata setelah diterapkan strategi metrix ingatan adalah 63.75 pada siklus I dan 72.50 pada siklus II. Untuk ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan strategi metrik ingatan ketuntasan klasikal adalah 50%, setelah diterapkan strategi metrix ingatan pada siklus I ketuntasan klasikalnya adalah 75% (belum mencapai ketuntasan klasikal). Kategori ketuntasan klasikalnya adalah 85%. Pada siklus II mengalami peningkatan, ketuntasan klasikalnya adalah 87.50%, penelitian ini dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:44
Last Modified: 04 Oct 2016 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8071

Actions (login required)

View Item View Item