Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA MIFTAHUL HIDAYAH PEKANBARU

ELPI APRIYANI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA MIFTAHUL HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi di Kelas XI MA Miftahul Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini ialah kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa yang di dukung dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji T- Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Treffinger pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Materi Dinamika Penduduk. Hal ini dapat dibuktikan pada pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pada hasil analisis deskriptif perbandingan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 51,8 meningkat menjadi 80,46 dengan presentase kenaikan sebesar 55,3%, sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 54,2 meningkat menjadi 69,93 dengan presentase kenaikan sebesar 28,8%. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hasil uji Effect Size menyatakan besaran pengaruh signifikasi penggunaan Model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa Pada mata pelajaran geografi memiliki nilai 1,22 > 1,00 maka dikategorikan efek tinggi (Strong Effect).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFATMAWATI, -1018088403,fatmawati01@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:37
Last Modified: 05 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80687

Actions (login required)

View Item View Item