Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THE STUDY GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Argusniati (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THE STUDY GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012553.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Sistem Pemerintahan Pusat yang selama ini hasil belajar siswa masih dikategorikan rendah, karena tidak tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung siswa terkesan hanya monoton, kaku, dan tidak mau mengemukakan pendapat dari apa yang telah dijelaskan guru, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti tertarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Sistem Pemerintahan Pusat dengan menggunakan Metode Pembelajaran The Study Group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran The Study Group untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan dilaksanankan 4 kali pertemuan, adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Analisi data dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus : P = F x 100% N Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM sebelum tindakan hanya 40,90%. Namun setelah dilakukakn tindakan perbaikan dengan menggunakan metode pembelajaran The Study Group dengan 4 kali pertemuan, maka hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM meningkat hingga 86,37%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:39
Last Modified: 04 Oct 2016 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8068

Actions (login required)

View Item View Item