PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 003 DESA BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR

Rizki Marlianto, (2012) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 003 DESA BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012545.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran siswa kelas IV SD Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka diambil kesimpulan bahwa dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung campuran siswa kelas IV SD Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Hal ini terlihat pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 54,55% atau hanya 12 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 72,73% atau 16 orang siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II mencapai 86,36% atau 19 orang siswa yang tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:37
Last Modified: 04 Oct 2016 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item