Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS AL-TAQDĪM WA AL-TA`KHĪR TERHADAP PENYEBUTAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA AYĀT AL-AḤKĀM

MUHAMMAD BAIHAQQI ASSALIMI, - (2024) ANALISIS AL-TAQDĪM WA AL-TA`KHĪR TERHADAP PENYEBUTAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA AYĀT AL-AḤKĀM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (TANPA BAB IV)
TANPA BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Al-Taqdīm Wa Al-Ta`khīr Terhadap Penyebutan Laki-Laki Dan Perempuan Pada Ayāt Al-Aḥkām”. Penyebutan laki-laki dan perempuan pada ayāt al-aḥkām memiliki perbedaan pada mendahulukan dan mengakhirkan antara keduanya. Perbedaan itu ada pada mendahulukan penyebutan perempuan sebagai libās bagi laki-laki daripada laki-laki sebagai libās bagi perempuan (Q.S. Al-Baqarah [2]: 187), mendahulukan penyebutan pezina perempuan daripada pezina laki-laki (Q.S. Al-Nur [24]: 2) serta mendahulukan penyebutan pencuri laki-laki daripada pencuri perempuan (Q.S. Al-Ma`idah [5]: 38). Dalam qawā’id al-tafsīr (kaidah-kaidah tafsir) ada satu kaidah yang membahasa terkait hal ini, yaitu kaidah al-taqdīm wa al-ta`khīr. Maka penelitian ini akan menganalisis apa bentuk uslūb al-taqdīm wa al-ta`khīr terhadap penyebutan laki-laki dan perempuan pada ayāt al-aḥkām serta apa makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research), sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk kepada kitab tafsir lughawy dan fiqhi. Dianalisis dengan menggunakan metode Abdul Hayyi al-Farmawi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, pada penyebutan istilah libās memiliki bentuk al-taqdīm wa al-ta`khīr dengan sebab al-Ḥatstsu ‘alaih, sedang pada penyebutan pezina dan pencuri memiliki bentuk al-taqdīm wa al-ta`khīr dengan sebab al-Katsrah. Kedua, ayāt al-aḥkām ini tidak hanya sekedar membicarakan prihal hukum secara tersurat saja, namun ayāt al-aḥkām ini pula menjelaskan bagaimana keadaan sosial secara tersirat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAGUSTIAR2005087101agustiar@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAHMAD ZIKRI2010096804azikrihassan@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:13
Last Modified: 05 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80658

Actions (login required)

View Item View Item