Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Bimbingan Religiusitas Dalam Mereduksi Kecanduan Narkoba Pada Pasien Rehabilitasi Napza Di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Pekanbaru.

Walhawa Nadana, - (2024) Implementasi Bimbingan Religiusitas Dalam Mereduksi Kecanduan Narkoba Pada Pasien Rehabilitasi Napza Di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Walhawa Nadana Prodi : Bimbingan Konseling Islam Judul : Implementasi Bimbingan Religiusitas Dalam Mereduksi Kecanduan Narkoba Pada Pasien Rehabilitasi Napza Di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Pekanbaru. Persoalan narkoba sudah membuat negara didunia ini menjadi risau dan berhati-hati. Proses rehabilitasi kecanduan narkoba adalah tiga bulan lamanya. Sehingga pada masa awal pecandu sulit untuk mengontrol emosi, pola hidup tidak teratur, sholat tidak terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi bimbingan religiusitas dalam mereduksi kecanduan narkoba pada pasien Rehabilitasi Instalasi Napza Di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek adalah para informan atau sumber data yaitu orang yang merespon dan menjawab pertanyaan peneliti. Informan penelitian ini ada 1 orang konselor, 1 orang instruktur religi, dan 5 pasien Napza. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Melalui teknik analisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan pemeriksaan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan tringualasi data yaitu dengan 3 cara: tringualasi sumber, tringualasi teknik, tringualasi waktu. Hasil penelitian ini bahwa bimbingan religiusitas yang diberikan instruktur religi kepada pecandu narkoba masa rehabilitasi yang mampu membantu para Pasien menumbuhkan dan menanamkan hati yang bersih, mampu mengendalikan pikiran, akhlak/perilaku, sikap dan gerak berubah menjadi positif dalam hidupnya dengan menjadikan agama sebagai pedoman atau sumber pegangan, seperti membiasakan pasien melakukan untuk terbiasa ibadah tepat waktu, pola hidup teratur, sehingga mendapatkan ketenangan pada hati. Bimbingan religiusitas yang diberikan oleh instruktur religi yaitu: Sholat 5 waktu, membaca Al-Qur’an, membaca Iqro, mendengarkan tausiyah, Puasa senin kamis, Hafalan, dan membaca yasin bersama pada malam jumat yang dilaksanakan setiap minggunya. Kata kunci: Bimbingan Religiusitas, Kecanduan Narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzni2010107003azni@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:50
Last Modified: 05 Jul 2024 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80657

Actions (login required)

View Item View Item