Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN DALAM PENULISAN TARKIB IDHAFI DI PELAJARAN INSYA’ BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UIN SUSKA RIAU.

RIZKA MAULIDIA, - (2024) ANALISIS KEMAMPUAN DALAM PENULISAN TARKIB IDHAFI DI PELAJARAN INSYA’ BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKA MAULIDIA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizka Maulidia, (2024): Analisis Kemampuan Dalam Penulisan Tarkib Idhafi di Pelajaran Insya’ Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Di UIN Suska Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan menggunakan kaidah nahwu dalam penulisan tarkib idhafi bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2023 yang berjumlah 125 mahasiswa. Karena banyaknya jumlah populasi yang ada maka peneliti mengambil sampel sebanyak 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Beberapa analisis yang peneliti tentukan dalam penelitian ini adalah analisis tarkib idhafi dari segi jumlah bentuk kata (2 kata benda dan 3 kata benda), fungsi idhafah litta’rif (litta’rif, dhamir), fungsi idhafah littakhsis (littakhsis, 2 kata benda dan 3 kata benda), dan kesalahan dalam penulisan tarkib idhafi. Peneliti melakukan penelitian ini dalam 3 tahapan yaitu: 1. Menganalisis tarkib idhafi 2. Mengkategorikan jenis-jenis tarkib idhafi 3. Mendeskripsikan hasil analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan mahasiswa menggunakan kaidah nahwu dalam penulisan tarkib idhafi mencapai nilai 99, 96%, berikut perinciannya: tarkib idhafi dari segi jumlah bentuk kata (2 kata benda) mencapai 99 tarkib dengan prsentase 72,26%, tarkib idhafi dari segi jumlah bentuk kata (3 kata benda) mencapai 3 tarkib dengan persentase 2,18%, fungsi idhafah litta’rif (litta’rif, dhamir) mencapai 18 tarkib dengan persentase 13,13%, fungsi idhafah littakhsis (littakhsis, 2 kata benda) mencapai 15 tarkib dengan persentase 10,94%, fungsi idhafah littakhsis (littakhsis, 3 kata benda) mencapai 2 tarkib dengan persentase 1,45%. Kata kunci: Analisis, Kemampuan, Tarkib Idhafi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:43
Last Modified: 05 Jul 2024 08:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80653

Actions (login required)

View Item View Item