Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RIMBA MELINTANG

SURYA FIRANSYAH, - (2024) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RIMBA MELINTANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SURYA FIRANSYAH (2024) :PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RIMBA MELINTANG Proses pendidikan sekolah dasar merupakan landasan paling mendasar bagi terselenggaranya kegiatan belajar mengajar pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi. Artinya, proses pembelajaran yang dilalui siswa sekolah dasar mempunyai pengaruh yang besar terhadap tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan. Proses pembelajaran, termasuk bahan ajar, perlu disusun dengan arah yang sistematis berdasarkan tingkatan siswa agar efektif. Index Card Match, setiap siswa memiliki peran dalam permainan. Mereka harus mencari pasangan kartu dengan pertanyaan dan jawaban yang sesuai. Hasil belajar siswa merupakan salah satu alat ukur untuk melihat capaian seberapa jauh siswa dapat menguasai materi pelajaran. Penelitian lini lbertujuan luntuk lmengetahui lPengaruh lStrategi Active lLearning lTipe lIndex lCard lMatch lterhadap l lHasil lBelajar Ekonomi ldi lSekolah lMenengah lAtas lNegeri l2 lRimba lMelintang. Penelitian jenis ini menggunakan metodologi kuasi-eksperimental dan bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Rimba Melintang, adapun Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Active Learning Tipe Index Card Match. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi, ada pun hasil dari penelitian ini hasil rekapitulasi observasi penerapan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match kelas eksperimen dilakukan oleh guru dengan sangat baik dengan yaitu dari 53,75% (cukuup baik) meningkat ke 90 (Sangat baik) dan hasil rekapitulasi observasi kegiatan siswa yang dari 43,75% meningkat ke 91,25%. Hasil hipotesis dalam penelitian ini di peroleh nilai probabilitas (sigifikansi) adalah .011. Karena nilai signifikansi 0.011< α = 0.05, maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rimba Melintang Kata Kunci: pendidikan, lStrategi lActive lLearning lTipe lIndex lCard lMatch, Hasil belajar dan ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:41
Last Modified: 05 Jul 2024 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80651

Actions (login required)

View Item View Item